Pejabat Sumsel Raih Doktor Disertasi Penilaian Profer

id akhmad najib, asisten pemprov sumsel, doktor, unsri, tesis

Pejabat Sumsel Raih Doktor Disertasi Penilaian Profer

Akhmad Najib berfoto bersama keluarganya setelah dinyatakan lulus meraih gelar Doktor di ruang sidang sarjana Pasca Sarjana Unsri, Palembang, Kamis (5/1). (Foto Antarasumsel.com/16/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Najib meraih gelar doktor dengan predikat memuaskan setelah menyelesaikan disertasi mengenai pelibatan masyarakat dalam penilaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Profer).

Najib di Palembang, Kamis, dinyatakan lulus dengan nilai A dalam ujian akhir disertasi terbuka mahasiswa program doktor (s3) ilmu lingkungan program pasca sarjana Universitas Sriwijaya yang dipimpin Pembantu Rektor I Zainuddin Nawawi.

"Saya sangat terharu akhirnya proses meraih gelar S3 ini tuntas. Padahal saya sempat pesimis karena sejumlah tugas penting diamanatkan gubernur ke saya, seperti Sekretaris Pelaksana ASEAN University Games, hingga sibuk menjadi panitia daerah persiapan Asian Games," kata Najib.

Dalam disertasi ini, Najib meneliti apakah benar perusahaan yang telah meraih penghargaan profer di tiga kategori emas, hijau, dan biru telah sejalan dengan apa yang diterima masyarakat.

Hal ini terkait dengan temuan bahwa masih ada perusahaan peraih penghargaan tapi tetap digugat masyarakat sekitar lantaran bertindak tidak tepat terhadap lingkungan.

"Sampel saya ambil di empat kabupaten/kota yakni Banyuasin, Muarenim, Musi Banyuasin, dan Palembang dengan puluhan perusahaan. Jadi penelitian saya ini cukup menggambarkan bahwa memang terjadi ketidaksesuaian di lapangan," kata dia.

Untuk itu, dari penelitian ini, Najib merekomendasikan kepada pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam penilaian suatu perusahaan.

Selama ini, keterlibatan masyarakat bersifat pasif, jika pun ada hanya melalui corong Lembaga Sosial Masyarakat.

"Anugerah Profer ini sudah baik untuk memotivasi perusahaan agar peduli lingkungan, tapi alangkah baiknya jika juga diselaraskan dengan di lapangan, caranya dengan melibatkan masyarakat. Jadi yang meraih Profer ini benar-benar kredibel," kata birokrat yang berkecimpung di pemerintahan selama 31 tahun ini.