Sumbar promosi wisata halal dan kuliner di Norwegia

id wisata halal, destinasi wisata, Reiselivsmessen, Pelantun lagu, Nasi Padang, Audun Kvitland, sumbar, Sumatera Barat

Sumbar promosi wisata halal dan kuliner di Norwegia

Rumah adat padang.(FOTO ANTARA/Jafkhairi/Ang)

London (Antarasumsel.com) - Indonesia akan mempromosikan Provinsi Sumatera Barat sebagai destinasi wisata peraih World "s Best Halal Destination dan Halal Culinary 2016"  di Reiselivsmessen 2017, salah satug pameran terbesar di Nordik di Oslo, Norwegia  13-15 Januari.

Pelantun lagu Nasi Padang, Audun Kvitland, dan tim penari serta kuliner Sumatera Barat akan terjun untuk memeriahkan program kesenian di Reiselivsmessen, kata Pelaksana Fungsi KBRI Oslo Dilla Trianti kepada Antara London, Kamis.

PT Garuda Indonesia, yang juga menyabet World's Best Airline for Halal Travellers 2016 di Dubai, turut mensponsori pameran kali ini.

Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia di Oslo, Yuwono A. Putranto, menjelaskan KBRI Oslo menangkap peluang untuk memperkenalkan Provinsi Sumatera Barat sebagai bagian dari destinasi wisata kepada publik Norwegia.

"Selagi masih hangat-hangatnya memperoleh penghargaan World Halal Tourism Awards 2016, kita melihat pentingnya memperkuat upaya promosi Provinsi Sumatera Barat, ujarnya.

Dikatakan, partisipasi KBRI Oslo merupakan hasil dari dukungan dan kerja sama banyak pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Pariwisata RI.

Informasi yang diperoleh dari panitia Reiselivsmessen, pameran tahun ini diperkirakan akan diikuti sekitar 400 peserta yang memamerkan lebih dari 120 negara tujuan destinasi wisata. Selama tiga hari, diharapkan sekitar 45.000 pengunjung dari Norwegia dan negara-negara Nordik akan hadir.

Anjungan Indonesia akan menempati area seluas 30m2 dan terletak di posisi strategis, bersebelahan dengan panggung utama pameran. Indonesia juga diharapkan akan memperoleh perhatian besar karena peran utama yang diberikan oleh panitia untuk penampilan kesenian dan kuliner Provinsi Sumatera Barat.

Selain Provinsi Sumatera Barat, anjungan Indonesia juga akan mempromosikan destinasi wisata alam dan wisata bahari seperti dari Provinsi NTT khususnya Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baleka Resort & Spa  dan Risata Resort Bali memberikan sembilan vouchers paket akomodasi dan tur di Bali bagi pengunjung anjungan Indonesia yang memenangkan kompetisi.

Misi pariwisata Provinsi Sumatera Barat ke Norwegia ini akan dipimpin  Gubernur Propinsi Sumatera Barat. Memanfaatkan kunjungan Gubernur Sumbar , KBRI Oslo juga sedang mempersiapkan sejumlah pertemuan dengan mitra terkait di Norwegia guna mengangkat peluang investasi.

Dubes Yuwono menjelaskan beberapa perusahaan besar Norwegia di bidang energi, perikanan dan pariwisata telah dihubungi KBRI Oslo untuk misi investasi Sumatera Barat ini.

KBRI Oslo juga akan mempertemukan Gubernur Provinsi Sumatera Barat bersama tim terpadunya, dengan beberapa kementerian dan lembaga kunci Norwegia guna memperkuat dukungan dan kerja sama teknis di sektor-sektor terkait.

Reiselivsmessen merupakan pameran wisata tahunan di Norwegia yang diselenggarakan tiap tahun pada bulan Januari.

Diharapkan dalam pameran ini, pengunjung mempertimbangkan kemana mereka akan berwisata untuk liburan musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (November-Desember). Masyarakat Norwegia memiliki tradisi berwisata yang tinggi dan memiliki spending yang besar.

Dalam setahun, rata-rata untuk berlibur adalah 30 hari. Mereka pun mendapatkan tunjangan berlibur tiap tahun. Potensi inilah yang membuat KBRI Oslo terus melakukan berbagai promosi wisata, guna mendorong peningkatan wisatawan asal Norwegia. (ZG)