Buah kelapa Sumsel dipasarkan ke Jakarta

id kelapa,permana, kadis perdagangan, tanjung api api

Buah kelapa Sumsel dipasarkan ke Jakarta

Sejumlah pekerja menyeberangkan buah kelapa melewati sungai yang nantinya akan diangkut menuju dermaga Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Rabu (11/12). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang  (Antarasumsel.com) - Buah kelapa dari daeràh Teluk Payo, kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan sebanyak delapan kontainer dibawa untuk dipasarkan ke Lampung dan Jakarta.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan, Permana menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai komoditas Sumsel di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini di Teluk Payo, Tanjung Api-Api itu 7-8 kontainer kelapa setiap pagi ada di sana dan sorenya diangkut ke Lampung dan Jakarta.

Ia mengatakan, buah kelapa dari Teluk Payo dipasarkan bukan saja ke Lampung dan Jakarta, tetapi sudah sampai ke Korea kemudian Thailand dan Tiongkok diangkut menggunakan kapal.

"Kami pembelinya jelas, tapi ini tidak boleh berlama-lama, karena kalau dijual dalam bentuk kelapa bulat sangat murah harganya," katanya.

Ia menyatakan, memang sekarang ini harganya di petani kisaran Rp3.000 - Rp3.500 perbuah.

"Akan tetapi, kami harus memikirkan ke depan tumbuhnya industri hilirisasinya dan ini tentunya tugas itu Dinas Perindustrian," ujarnya.

Ia menuturkan, di kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api bisa menjadi sentra industri sabut kelapa untuk jok kursi, kemudian alat kesehatan digunakan kosmetik, dan pabrik coconut.