Masyarakat Palangkaraya mulai raskan kabut asap

id kabut asap, asap, Kota Palangka Raya, menyelimuti kota, mencium bau, kebakaran lahan

Masyarakat Palangkaraya mulai raskan kabut asap

Ilustrasi- kabut asap (Antarasumsel.com/Feny Selly/)

Palangka Raya (Antarasumsel.com) - Sejumlah masyarakat di wilayah Kota Palangka Raya mulai merasakan adanya kabut asap menyelimuti wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB meski samar-samar dan kabutnya belum jelas tapi saya sudah mulau mencium bau kebakaran lahan. Namun, keadaan ini belum sampai mengganggu aktifitas kami," kata Mardiatin, warga Kelurahan Panarung di  Palangka Raya, Sabtu.

Dia pun khawatir jika kejadian tersebut terus berlangsung dan semakin banyak kejadian kebakaran lahan sehingga Palangka Raya akan diselimuti kabut asap tebal seperti yang pernah terjadi pada 2015 lalu.

"Jika itu terjadi yang paling ditakutkan ialah kesehatan bayi dan anak-anak. Apalagi mereka belum bisa memakai masker atau alat pengaman pernapan yang lain," kata wanita 25 tahun itu.

Agus, warga lain yang tinggal di Jalan G.Obos 12 juga mengaku telah mencium aroma asap kebakaran terutama pada malam dan pagi hari.

"Mendekati tengah malam hingga pagi hari bau asap mulai tercium. Tetapi sejak matahari terbit hingga sore aroma kebakaran lanan dan asapnya pun menghilang," katanya.

Dia berharap pemerintah dapat segera melakukan antisipasi kebakaran lahan dan hutan sehingga bencana kabut asap yang pernah melanda Palangka Raya tak terulang kembali.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia sebelumnya juga menyatakan pemerintah kota mulai menyiapkan langkah antisipasi kebakaran lahan dan hutan.

Langkah tersebut seperti mulai mengadakan rapat koordinasi termasuk juga menyiapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) untuk turut melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan.

Dia pun mengajak seluruh elemen masyarakat turut aktif melakukan pencegahan kebakaran lahan dan hutan agar upaya yang dilakukan pemerintah semakin efektif dan efisien.