Pengembangan sektor Pariwisata Palembang butuh investor

id Harnojoyo, pariwisata, pulou kemarau, Pengembangan sektor pariwisata, Kota Palembang, investor, minimn anggaran,

Pengembangan sektor Pariwisata Palembang butuh investor

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pengembangan sektor pariwisata di wilayah Kota Palembang membutuhkan peran investor karena minimnya anggaran pemerintah, kata Wali Kota Harnojoyo.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Rabu, mengatakan, investor diharapkan tertarik membidik sektor pariwisata ini karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

"Pemkot Palembang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi investor, baik penanaman modal murni hingga penerapan sistem BOT (Build, Operate and Transfer). Yang penting, ada penanaman modal masuk," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, setidaknya terdapat 18 destinasi wisata yang ditawarkan ke investor, di antaranya penyediaan perahu serta tenda-tenda untuk terselenggaranya pasar terapung, sarana transportasi, pembuatan air mancur menari.

Kemudian pembangunan tugu cempaka telok, tugu selamat datang, penataan Pulau Kemarau, dan pembangunan hotel di kawasan bantaran Sungai Musi, dan beberapa destinasi wisata lainnya.

"Kesempatan berinvestasi di Palembang ini sudah ditawarkan ke sejumlah investor dalam dan luar negeri, saat ini tinggal menunggu responnya," kata Harnojoyo.

Pemerintah Kota Palembang menawari investor untuk menggarap destinasi wisata sungai karena ingin mengangkat brand sebagai kota wisata sungai pertama di Indonesia.

"Jika ada modal masuk untuk pembangunan infrastruktur, saya yakin bahwa kawasan River Side ini tidak kalah dengan yang ada di Thailand," katanya.

Ia mengemukakan, Pemkot sudah memiliki `masterplan" untuk menjadikan Palembang sebagai kota wisata sungai pertam di Indonesia.

Dalam proses pengembangan ini, Palembang akan mencontoh Thailand yang berhasil mengangkat Sungai Chao Phraya sebagai salah satu tempat wisata paling digemari di Asia.

Pemerintah Kota Palembang menyiapkan model transfortasi `bus air` untuk menuju sejumlah lokasi wisata di bantaran Sungai Musi, kata dia.