Kanwil Kemenag Sumsel targetkan paspor haji rampung Maret

id paspor haji, paspor, kemenag, kementerian agama, pelayanan papsor haji, imigrasi

Kanwil Kemenag Sumsel targetkan paspor haji rampung Maret

Petugas loket pelayanan sedang memproses permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Pembuatan paspor yang telah dimulai di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang dan Kelas II Muaraenim pada Februari ini diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga dokumen pemberangkatan calon haji siap lebih awal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan menargetkan pembuatan paspor bagi 7.035 calon haji asal provinsi setempat yang ditetapkan berangkat pada 2017 bisa selesai pada bulan Maret ini.

Pembuatan paspor yang telah dimulai di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang dan Kelas II Muaraenim pada Februari ini diharapkan bisa berjalan dengan baik sehingga dokumen pemberangkatan calon haji siap lebih awal, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan H.M Alfajri Zabidi, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk mendorong calon haji yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini, pihaknya menginstruksikan kepada jajaran yang ada di daerah untuk menginformasikan kepada masyarakat yang ditetapkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun ini.

"Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota diminta gencar menginformasikan kepada para calon haji yang belum memiliki paspor segera melakukan pembuatan dokumen pendukung perjalanan ke luar negeri itu atau melakukan koordinasi dengan pejabat Kantor Imigrasi terdekat untuk melakukan pembuatan papsor secara kolektif di tempat masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah calon haji asal provinsi ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya karena terdapat penambahan kuota.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama 2017 tentang penetapan kuota haji, pada tahun ini calon haji yang diberikan kesempatan berangkat bertambah 735 orang dari tahun sebelumnya.

Denagn adanya penambahan kuota bagi masyarakat Sumsel tersebut, jumlah calon haji dari Sumsel yang diberangkatkan melalui embarkasi Palembang mencapai 7.035 orang dengan perincian 6.988 jamaah dan 47 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), kata Alfajri.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Budiono Setiawan menjelaskan bahwa pihaknya mulai melayani pembuatan paspor bagi calon haji sejak awal Februari dan ditargetkan selesai pada Maret 2017.

Khusus Kantor Imigarsi Palembang, pihaknya berupaya melakukan pelayanan secara maksimal bagi calon haji di lima kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyu Asin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Sementara pembuatan paspor bagi calon haji dari kabupaten/kota Sumsel lainnya dilayani Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim.

Pelayanan pembuatan pasppr haji pada tahun ini sedikit berbeda dengan pelayanan tahun sebelumnya, karena pihaknya menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan "jemput bola" kepada masyarakat yang berada di luar Kota Palembang.

Bagi calon haji dari luar kota yang tidak sempat ke Kantor Imigrasi Palembang, tim khusus akan memberikan pelayanan secara kolektif di kabupaten/kota tempat domisili calon jamaah berkoordinasi dengan Kantor Kemenag setempat, kata Budiono.5