KPU gelar kontes mimbar demokrasi

id KPu,Aspahani, demokrasi, konsep kepemimpinan, orasi, Mahasiswa,

KPU gelar kontes mimbar demokrasi

Komisi Pemilihan Umum (Antarasumsel.com/Grafis/Ag)

Palembang (Antarasumsel.com) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan bekerja sama dengan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi akan menggelar kontes mimbar demokrasi pada 6 Maret 2017.

Kontes mimbar melibatkan peserta dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se- Sumsel menggagas tentang pendidikan pemilih menjelang pilkada serentak 2018 dan pemilu legislatif serta Pilpres 2019, kata Komisioner KPU Sumatera Selatan, Ahmad Naafi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, tujuan kontes mimbar demokrasi ini untuk memberikan sosialisasi pendidikan kepada pemilih pemula tentang pentingnya pendidikan politik dan memberikan format ideal terhadap berbagai gagasan dan ide tentang konsep kepemimpinan dan demokrasi.

Beberapa tema yang akan diusung lanjutnya, diantaranya konsep pendidikan pemilih, menghadapi money politic dan menyelesaikan permasalahan aktual dalam pemilu dan sebagainya.

Ia mengatakan, konsep peserta akan berorasi bebas kalau diuji dan dinilai oleh dewan juri yang berpengalaman dalam demokrasi dan mimbar bebas serta memahami gerakan mahasiswa.

"Mahasiswa akan menyampaikan orasinya dengan berbagai konsep dan tema yang dipilih lalu dinilai dewan juri,," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan para mahasiswa dalam pembukaan kontes mimbar demokrasi ini selain kegiatan berorasi, juga akan berkunjung ke rumah pintar pemilu Sriwijaya di KPU setempat.

Aspahani juga berharap masyarakat dapat mendukung kegiatan dimaksud dan hadir di KPU Sumsel.