Rumah pintar Tanjungpinang tingkatkan partisipasi pemilih

id kpu, Rumah pintar Pemilu, menarik pemilih, pilkada, Yusuf Mahidin

Rumah pintar Tanjungpinang tingkatkan partisipasi pemilih

Komisi Pemilihan Umum (Antarasumsel.com/Grafis/Ag)

Tanjungpinang (Antarasumsel.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, berharap Rumah Pintar Pemilu mampu meningkatkan partispasi pemilih pada pilkada tahun 2018.

Komisioner KPU Tanjungpinang Yusuf Mahidin, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan Rumah Pintar Pemilu yang dibangun sekitar dua pekan lalu sebagai wadah untuk menyosialisasikan pesta demokrasi, dan mendorong pemilih menggunakan hak.

"Di Rumah Pintar Pemilu ada gambar tempel tentang sejarah kepemiluan, dan teknis menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara," katanya.

Yusuf menjelaskan Rumah Pintar Pemilu merupakan program nasional, yang dibiayai anggaran dari pusat. Program ini dilaksanakan untuk mencerdaskan anak bangsa dalam menyukseskan pesta demokrasi.

"Kami berharap jumlah pemilih pada pilkada meningkat tajam, kalau bisa mencapai 80-90 persen," ucapnya.

Rumah Pintar Pemilu Tanjungpinang menggunakan satu ruangan kecil di lantar satu dan lantai dua.

Di Rumah Pintar Pemilu juga disediakan ruang simulasi untuk pemilih pemula, sekaligus menyosialisasikan pentingnya menyukseskan pesta demokrasi. Di ruangan itu juga dibangun miniatur tempat pemungutan suara.

Ruangan itu juga dapat dipinjam pihak sekolah atau kampus yang ingin mendalami sistem kepemiluan dalam mata pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Selain itu, ia mengemukakan di Rumah Pintar Pemilu juga terdapat televisi yang diprogram hanya untuk menyiarkan kegiatan kepemiluan.

"Ada ruangan audio visual," ujarnya.