KAI adakan pemeriksaan kesehatan gratis warga Lahat

id aida, pt kai

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, (Antarasumsel.com/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III kembali mengadakan Bakti Sosial berupa periksa dan pengobatan kesehatan gratis bagi warga Kabupaten Lahat menggunakan Rail Clinic di Stasiun Sukacinta Lahat, Kamis.

Kegiatan ini setelah sehari sebelumnya dilaksanakan kegiatan serupa untuk masyarakat di sekitar Stasiun Tanjung Enim Baru, kata Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti di Palembang.

Dijelaskannya, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial "PT KAI Hadir Untuk Negeri" dan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di lingkungan operasional perusahaan.

Menurut dia, pelaksanaan bakti sosial ini tetap menggunakan Rail Clinic yang merupakan rangkaian terdiri atas dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, di mana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan berbeda.

Bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan fasilitas pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama.

Para warga dapat memeriksakan kesehatan di sini secara gratis, di Rail Clinic ini terdapat layanan pemeriksaan gigi, bagi ibu hamil dapat memeriksakan kandungannya dan dilengkapi dengan Ultrasonography (USG), periksa mata, dan cek kesehatan lainnya. Menurut Aida, kegiatan ini melibatkan tenaga medis diantaranya dokter umum, dokter gigi, dokter kandungan, bidan, petugas lab, petugas poli mata dan paramedis lainnya.

Pada hari ini masyarakat di sekitar Stasiun Sukacinta Lahat dapat menikmati layanan kesehatan gratis di Rail Clinic.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami harap akan terjalin silahturahmi dan rasa mencintai sehingga masyarakat akan turut menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan kereta api," kata Aida.

Ia menambahkan, pada acara tersebut PT KAI menyerahkan bantuan kacamata kepada siswa SD dan masyarakat yang memerlukan di sekitar Stasiun Sukacinta Lahat.
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar