Disparpora: ANTARA berkontribusi promosikan potensi pariwisata Sawahlunto

id Disparpora, Sawahlunto, pariwisata, antara, berkontribusi positif, promosikan pariwisata daerah, Efriyanto

Disparpora: ANTARA berkontribusi promosikan potensi pariwisata Sawahlunto

Perum LKBN ANTARA (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Sawahlunto, Sumbar (Antarasumsel.com) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menilai Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara telah berkontribusi positif dalam pembangunan di kota itu.

"Pemberitaan yang fokus serta perimbangan yang proporsional tentang dunia pariwisata di kota ini, turut mengantarkan keberhasilan sejumlah capaian positif yang dilahirkan melalui paket program pembangunan yang diluncurkan pemerintah," kata kepala dinas tersebut, Efriyanto di Sawahlunto, Senin.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mencoba menggandeng lembaga pemberitaan nasional itu dalam merancang paket promosi daerah bidang kepariwisataan, sebagai langkah awal dalam meningkatkan kualitas kerjasama saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Sejauh ini, lanjutnya, Antara telah menunjukkan eksistensi sebagai salah satu media massa yang selalu mengedepankan perluasan informasi secara santun dan berupaya benar, tanpa memandang sisi pendapatan yang diperoleh.

"Padahal jika dirinci maka perluasan berita yang terjadi selama ini bisa dikatakan sangat baik sekali dan cukup menguntungkan jika dibandingkan dengan mendatangkan media massa dengan cakupan seluas itu," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya sesuai dengan imbauan Menteri Pariwisata Arief Yahya maka setiap daerah diminta segera beralih untuk memanfaatkan sistem informasi digital dalam jaringan untuk berpromosi karena biayanya jauh lebih murah dengan jangkauan lebih luas.

"Secepatnya kami akan menindaklanjuti langkah kerjasama ini, karena banyak agenda besar yang harus kami sosialisasikan dalam membantu upaya peningkatan kunjungan pelancong ke kota ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Biro LKBN Antara biro Sumatera Barat, Azhari menegaskan momentum kehadiran kantor berita itu seyogyanya bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan potensi daerah.

"Promosi itu tidak harus mahal jika menggunakan media yang tepat, Antara dengan komitmen melayani kebutuhan para pengguna jasa secara maksimal merupakan salah satu solusi yang paling masuk akal saat ini sebagai mitra, ditengah gencarnya praktik kapitalisasi media massa yang cenderung membutuhkan biaya lebih mahal," jelasnya.

Khusus untuk biro Sumatera Barat, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh pewarta di daerah itu agar lebih menitikberatkan perluasan informasi bidang ekonomi, budaya dan potensi pariwisata, sebagai upaya turut membangun percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat di provinsi itu.

"Bukan berarti kami tidak melakukan fungsi kontrol sosial, tapi kritikan itu harus disampaikan secara benar oleh narasumber yang tepat dengan didukung data dan fakta yang lengkap serta berimbang," tambahnya.

Ia menegaskan dengan kekuatan jaringan kerjasama dengan kantor berita terkemuka di dunia serta 300 pelanggan dari berbagai media massa nasional, merupakan keunggulan yang dimiliki Antara dalam pendistribusian berita, foto dan video.