Sejumlah SPBU Dumai kekurangan Premium

id premium, spbu, dumai, kosong, tidak tersedia, bbm

Sejumlah SPBU Dumai kekurangan Premium

Ilustrasi SPBU (Antarasumsel.com/Edo Purmana)

Dumai, Riau (Antarasumsel.com) - Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Provinsi Riau, Zulkarnaen menyebut persediaan bahan bakar premium di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum dalam beberapa waktu terakhir terpantau sering kosong.

"Pantauan kita di beberapa stasiun pengisian stok premium kosong, tapi kita tidak tahu apa penyebabnya karena pertamina tidak ada membuat pemberitahuan," kata Zulkarnaen, Jumat.

Kekosongan bahan bakar ini diakui dia tidak diketahui persis alasannya karena Pertamina selaku pemasok tidak ada menyampaikan pemberitahuan resmi ke pemerintah.

Dijelaskan, agar kekosongan premium ini tidak menimbulkan spekulasi di tengah masyarakat, diharap Pertamina menyurati resmi ke pemerintah daerah supaya bisa disampaikan jika ada keluhan konsumen.

Sejauh ini, dia mengetahui memang ada rencana Pemerintah RI mengalihkan bahan bakar umum premium ke pertalite untuk konsumen, namun kapan kepastian waktunya hingga kini tidak diketahui.

"Kalau memang sudah dimulai peralihan premium ke pertalite ini setidaknya ada surat resmi masuk ke pemerintah daerah agar kita bisa menyampaikan ke masyarakat ketika ada keluhan," sebutnya.

Seorang warga Dumai Didi Prayoga mengaku kesulitan mendapatkan premium di sejumlah stasiun pengisian BBM, bahkan hingga di tingkat pedagang eceran juga tidak lagi ditemui.

Warga menduga susahnya memperoleh premium ini seperti terkesan memaksa untuk beralih menggunakan BBM lain misalnya pertalite.

"Sudah sulit mencari premium sekarang, tidak hanya di stasiun pengisian, tapi juga di pedagang eceran pinggir jalan, dan kita tidak tahu kenapa ini bisa terjadi," kata Didi kepada pers.