KPU Sumsel telah persiapkan pilkada serentak 2018

id KPU, Komisi Pemilihan Umum, Aspahani, pemilihan kepala daerah, koordinasi intelijen keamanan

KPU Sumsel telah persiapkan pilkada serentak 2018

Komisi Pemilihan Umum (Antarasumsel.com/Grafis/Ist/Ang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Aspahani menyatakan pihaknya bersama jajaran telah menyiapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Aspahani menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber pada rapat koordinasi intelijen keamanan (intelkam) 2017 di Mapolda Sumsel di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pemilihan gubernur dan pemilihan wali kota serta pemilihan bupati di sembilan kabupaten/kota se-Sumsel pada Juni 2017 telah memasuki tahap penandatanganan NPHD.

Ia memaparkan, potensi rawan konflik seperti pada masa pendaftaran calon kepala daerah yang persyaratannya kurang lengkap sehingga bisa ditolak KPU.

Selain itu, pengamanan logistik harus dipersiapkan matang seperti perencanaan kebutuhan logistik hingga pergerakannya sampai ke TPS dan saat kembali ke KPU, katanya.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan disampaikan di antaranya pengamanan dan bahasan anggaran yang harus disinkronkan dengan tahapan yang dilaksanakan KPU.

Kasus terjadi saat pengamanan berlangsung setiap tahapan namun ada pemungutan suara ulang sehingga anggaranya perlu disinkronkan.

Pada rakor itu mengambil tema "Dit Intelkam Polda Sumsel siap melaksanakan deteksi aksi guna mereduksi gangguan Kamtibmas tahun 2017 dalam rangka mewujudkan Polri profesional, modern dan terpercaya".