Kamis, 27 April 2017

Plt Sekda Sumsel minta satgas maksimalkan pencegahan Karhutla

id Joko Imam Sentosa, Karhutla, pencegahan kebakaran, kebakaran hutan, kebakaran lahan, kemarau panjang, Alex Noerdin
Plt Sekda Sumsel minta satgas maksimalkan pencegahan Karhutla
Joko Imam Sentosa (Doc.Diskominfo/Prov Sumsel)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa meminta Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan memaksimalkan kinerjanya karena daerah itu akan menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional.

"Agenda besar itu yakni akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018," kata Joko Imam Sentosa di Palembang, Jumat.

Ia menyebutkan di provinsi itu juga akan dilakukan pemilihan kepala daerah serentak pada 2018.

Menurut dia, Sumsel juga akan menjadi tuan rumah MotoGP. Ia menyebutkan dengan adanya berbagai kegiatan internasional tersebut maka Sumsel harus bebas dari kabut asap sehingga kebakaran hutan dan lahan harus dicegah.

"Oleh karena itu Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan yang sudah diresmikan harus semakin maksimal dalam pencegahan sumber kabut asap tersebut," kata dia.

Menurut dia, sejak sekarang Satgas harus selalu waspada sehingga antisipasi sejak dini itu sebagai upaya menanggulangi kabut asap.

"Apalagi saat pelaksaan pesta olahraga internasional termasuk pemilihan kepala daerah mendatang diperkirakan akan terjadi kemarau panjang," ujar dia.

Ia menyebutkan untuk menyiasati permasalahan tersebut maka perlu dilakukan berbagai upaya. "Bila ada kabut asap maka kegiatan tersebut menjadi tidak maksimal sehingga harus disukseskan bersama," kata Sekda.

Dia mengatakan pencegahan sejak dini penting dilakukan sehingga kebakaran hutan tidak terjadi seperti pada 2015.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pihaknya telah membentuk Desa Peduli Api dan melaksanakan patroli di desa rawan kebakaran.

"Apalagi di Sumsel banyak lahan gambut sehingga bila itu terbakar sulit dipadamkan," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga