Gubernur pastikan infrastruktur Asian Games sesuai rencana

Pewarta : id gubernur, alex noerdin

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17/den)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Sejumlah gubernur yang menjadi pemimpin di daerah yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menyatakan pembangunan infrastruktur untuk perhelatan olah raga itu berjalan sesuai rencana.

"Insya Allah itu seluruhnya selesai Desember 2017. Ada yang Juli, September, tapi ada yang Maret 2018 satu (venue)," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin terkait pembangunan venue olah raga untuk Asian Games 2018 ditemui usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Menurut Alex, pembangunan infrastruktur transportasi Light Rail Transit (LRT) juga sudah siap sekitar 40 persen untuk mendukung kelancaran arus perhubungan para peserta Asian Games 2018 dan juga masyarakat.

Gubernur Sumsel menjelaskan untuk uji coba LRT rencananya dilakukan pada Februari 2018 dan beroperasi penuh pada Juni.

Kemudian, pemprov Sumsel juga memastikan pembangunan wisma atlet untuk penginapan para atlit yang akan bertanding dalam Asian Games 2018 sudah selesai.

"Sudah rampung, tinggal mengisinya. Beli ranjang dan lain-lain," ujar Alex.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan seluruh pembangunan venue untuk Asian Games 2018 di Jakarta seluruhnya masih sesuai jadwal.

"Semua sesuai jadwal. Velodrome, pedestrian, LRT, semua sesuai jadwal," ujar Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, dia menjelaskan pemprov mendapat tugas membangun venue untuk pertandingan sepeda BMX di DKI Jakarta.

Dia menyiapkan arena BMX internasional di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo untuk menjadi venue pertandingan Asian Games.

"Tinggal disurvei memenuhi syarat atau tidak. Kalau tidak memenuhi syarat, kebetulan akan membangun Kalijodo kedua di Simatupang. Di situ juga akan ada lomba panjat tebing dan macam-macam. Kita akan siapkan di situ minta yang standar internasional," ujar Basuki ditemui usai menghadiri rapat terbatas.

Pemerintah RI mempersiapkan dua wilayah yang akan menjadi tuan rumah perhelatan olah raga empat tahunan itu yaitu DKI Jakarta dan Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelumnya dalam pembukaan rapat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak untuk mengawasi pekerjaan pembangunan venue, infrastruktur transportasi maupun wisma untuk atlet sehingga terbangun sesuai jadwal.

Dia menjelaskan agar momentum Asian Games 2018 ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa bukan hanya untuk perhelatan olah raga tetapi juga promosi pariwisata di Indonesia.
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar