Legislator: Sektor peternakan dan perikanan perlu dimaksimalkan

Pewarta : id peternakan, perikanan, sapi, ikan, daging, pendapatan masyarakat, DPRD, Mulawarman

Ilustrasi sapi peliharaan di kandangnya. (Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Baturaja (Antarasumsel.com) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menilai sektor peternakan dan perikanan perlu dimaksimalkan karena dapat dijadikan sektor tambahan pendapatan bagi masyarakat atau petani di daerah itu.

Karena itu bupati melalui masing-masing satuan kerja perangkat dinas (SKPD) terkait dapat terus menggali dan meningkatkan potensi perikanan serta peternakan tersebut, kata Juru Bicara DPRD setempat, Mulawarman di Baturaja, Kamis.

Pada rapat paripurna penyerahan rekomendasi DPRD atas pembahasan LKPJ Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) 2016, Mulawarman menjelaskan bahwa hal itu perlu dilakukan mengingat selama ini kebutuhan ikan dan daging selalu didatangkan dari daerah lain.

Ia menilai, selain bidang peternakan dan peternakan, masing-masing SKPD harus dapat menggali potensi atau aset daerah lainnya seperti bidang pariwisata.

Diakui dewan, pascanomenklatur memang banyak SKPD harus menata ulang, baik dalam bidang administrasi anggaran maupun sarana dan prasarana fisik seperti masih minimnya peralatan kerja pendukung maupun kondisi kantor belum representatif.

"Untuk Dinas Pariwisata dari rekomendasi dewan menilai harus dapat lebih meningkatkan dan menggali potensi pariwisata dan PAD, meskipun kondisi sarana dan prasarana di kantor yang masih minim dan perlu direhab ulang," katanya.

Wakil Bupati OKU Johan Anuar mengatakan, pemkab akan melaksanakan setiap rekomendasi dan penilaian yang disampaikan dewan.

Menurut Johan, rekomendasi dan penilaian dewan ini akan menjadi catatan dan evaluasi masing-masing SKPD untuk lebih meningkatkan kinerja agar kesejahteraan masyarakat khususnya petani lebih meningkat.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar