Selasa, 23 Mei 2017

Tumpeng setinggi 1,2 meter berbahan pempek berwarna

id tumpeng, tumpeng pempek
Tumpeng setinggi 1,2 meter berbahan pempek berwarna
Tumpeng berbahan pempek berwarna setinggi 1,2 meter (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Tumpeng setinggi 1,2 meter berbahan ratusan pempek dibuat salah satu peserta pada kompetisi menghias Tumpeng pempek dalam rangkaian Kuto Besak Keraton Culinary Festival di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu.

"Kurang lebih kami menggunakan 500 buah pempek warna warni untuk menghias tumpeng ini," ungkap Fifi Fitriana salah satu peserta yang juga pemilik kedai pempek di Palembang.

Konsep tumpeng dibuat sendiri berpanduan dengan aturan panitia yang menetapkan Asian Games dan ikon kota sebagai tema.

"Kami buat jembatan ampera bentuk mini dan tower yang cukup tinggi, atau bisa dibilang tower dan semacamnya," kata Fifi.

Ratusan pempek digunakan tampak menghiasi tepi tower dan jalan jembatan serta air sungai yang digambarkan dengan warna-warni pempek.

Pempek warna warni kreasinya diakuinya tidak menggunakan pewarna buatan, melainkan dengan pewarna alami dari sayur dan buah-buahan.

"Warna merah saya gunakan dari buah naga merah, kuning dari wortel, hijau dari caisin, dan abu-abu keunguan ini dari sawi ungu," ujarnya.

Meskipun berpadu dengan buah dan sayuran wanita dua anak ini menjamin tidak mengurangi sedapnya rasa pempek, bahkan memberikan cita rasa khusus dan bergizi tentunya.

Ide awal menggunakan pempek dengan pewarna alami ini didapatkan ketika berkutat dengan anak yang susah makan.

"Anak saya susah makan dan ini mengharuskan untuk membuat makanan yang lucu tapi tetap bergizi tinggi," ujarnya.

Hasilnya kedua anaknya sukses menggemari kreasi pempek buatannya.

tidak hanya itu saja pempek kreasi warna warni miliknya ini sering banjir pesanan untuk pempek tampah atau pempek yang disusun dalam tampah, biasanya digunakan untuk acara khusus sepertti syukuran atau ulang tahun.

Bila dijual satuan, dibandrol pempek warna warninya Rp3.000 per buah. untuk pempek non warna dijual Rp2.500 per buah.

Tidak hanya Fifi puluhan juru masak pempek lainnya juga turut berkreasi dalam warna dan bentuk pada festival tersebut. Pantauan di lapangan, para juri dari berbagai SKPD terkait dan pakar kuliner nampak kebingunan menilai aneka kreasi peserta yang sangat beragam dan kreatif.

Acara Keraton Kuto Besak Culinary Festival ini berlangsung dari 29 April hingga 30 Juni dan menyajikan aneka acara menarik seputar kuliner Kota Palembang.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga