Presiden kunjungi pasar mama mama di Jayapura

Pewarta : id joko widodo, jokowi, presiden, pasar mama mama, jayapura, papua, Kunjungan Kerja Lintas Nusantara

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Mama Mama di Kota Jayapura, Papua, dalam rangkaian Kunjungan Kerja Lintas Nusantara yang dilakukannya dalam lima hari terakhir.

Pasar Mama Mama yang mulai dibangun pada 30 April 2016, tercatat telah selesai pembangunannya.

Kepala Negara di Jayapura, Rabu, menyatakan bahwa pasar tersebut sudah siap untuk digunakan baik dari segi bangunan maupun sarana pendukung lainnya.

        "Yang paling penting ini sudah 100 persen siap, kemudian pelatihannya juga terus dilakukan," ujar Presiden kepada para jurnalis usai peninjauan sebagaimana disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Namun demikian, pasar tersebut masih belum dapat diresmikan hingga pelantikan wali kota Jayapura mendatang.

Hal ini dikarenakan tanggung jawab operasional pasar tersebut akan diserahkan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah setempat.

"Untuk peresmian nanti biar Pak Gubernur saja, menunggu wali kota baru dilantik. Karena ini nanti tanggung jawabnya ada di Pemda, yang membangunkan kita tapi tanggung jawab di Pemda jadi menunggu Pak wali kota dilantik saja," ungkapnya.

Saat peninjauan berlangsung, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dari Pasar Mama Mama, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan menuju Bandara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua untuk bertolak ke Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada pukul 09.00 WIT.

Di Kabupaten Jayawijaya, Presiden akan melihat langsung pembangunan Jalan Trans Papua di ruas Wamena-Mamugu.

Setelah melihat pembangunan jalan Trans Papua, Presiden akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Wamena.

Dari Wamena, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura untuk berganti pesawat.

Setelah berganti pesawat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali ke Jakarta dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada malam hari.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar