IHWG luncurkan program gerakan Ayo Minum Air

Pewarta : id air, gerakan minum air

Lubuklinggau, Sumsel (Antarasumsel.com) - Indonesian Hydration Working Group Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau, IDI cabang Lubuklinggau, dan Danone AQUA meluncurkan program gerakan Ayo Minum Air atau AMIR kepada 17 ribu anak SD setempat.

Gerakan AMIR Sehatkan Indonesia yang dicetuskan oleh Kementerian Kesehatan RI pada Hari Ginjal Sedunia pada Maret 2017 bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat, kata Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) Budi Wiweko di Lubuklinggau, Jumat.

Pada gerakan AMIR yang berlangsung selama empat hari itu, Budi Wiweko yang juga Ketua IHWG-FKUI menjelaskan bahwa prilaku hidup sehat meliputi asupan gizi seimbang, termasuk hidrasi sehat,dan melakukan aktivitas fisik untuk mencegah obesitas.

Gerakan AMIR dilaksanakan guna mendukung inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ia menjelaskan, rangkaian gerakan AMIR Sehatkan Indonesia di Lubuklinggau ini berlangsung pada 18, 19, 20, dan 21 Mei meliputi pelatihan hidrasi sehat bagi guru, bidan, perawat, dan ibu-ibu PKK, selanjutnya pemecahan Rekor MURI, Edukasi Hidrasi Sehat dan Gerakan AMIR "Ayo Minum Air" bersama terbanyak yang melibatkan lebih dari 17.000 siswa SD se-Lubuklinggau,

Selanjutnya, diskusi Hidrasi Sehat bersama IDI cabang Lubuklinggau, dan CFD AMIR Sehatkan Indonesia bersama 1.000 siswa SD, SMP, dan SMA di Lubuklinggau Sumatera Selatan.

Lebih lanjut dijelaskan Budi Wiweko, Liquid Intake Study (Liqin7, 2015) menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum.

Melalui Komik Hidrasi dan modul pelatihan dengan tokoh AMIR yang juga merupakan kepanjangan dari Ayo Minum Air diharapkan anak-anak juga semakin mengerti pentingnya minum air putih dan selanjutnya memberitahukan teman teman serta anggota keluarganya.

Dijelaskannya, lebih dari 10 persen masyarakat Indonesia mengkonsumsi gula yang berasal dari minuman, kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko obesitas. Gerakan AMIR diharapkan dapat menurunkan resiko tersebut, sehingga bisa menurunkan beban pembiayaan kesehatan di masa datang.

Sementara, pada gerakan AMIR Sehatkan Indonesia ini, Danone AQUA diwakili oleh Health Marketing Manager Danone AQUA, dr. Aninda Perdana B MedSc mengungkapkan bahwa Gerakan AMIR sejalan dengan komitmen Danone AQUA untuk selalu berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hidrasi tubuh bagi kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan wujud Public Private Partnership dan mendukung inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mengenai Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Indonesia Hydration Working Group (IHWG) merupakan salah satu klaster penelitian di Fakultas Kedokteran Unoversitas Indonesia (FKUI) yang berfokus pada permasalahan hidrasi dan kesehatan di Indonesia.

Terbentuk mulai tahun 2012, berbagai kegiatan telah dilakukan, seperti sosialisasi kesehatan, pengabdian masyarakat, dan penelitian.
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar