Sekda: Situasi keamanan menjelang Pilkada harus dijaga

id Joko Imam Sentosa , pilkada, kemanan, ketentraman masyarakat, tidak ada konflik, akibat pilkada, kepala daerah serentak

Sekda: Situasi keamanan menjelang Pilkada harus dijaga

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa mengatakan, situasi keamanan yang kondusif sekarang harus terus dijaga terutamaa dalam menghadapi pemilihan kepala daerah serentak pada 2018.

Selama ini Sumsel cukup kondusif dan tidak pernah terjadi konflik antargolongan dan hal itu harus selalu dijaga, kata Sekda saat menghadiri pertemuan "Focus Group Discussion" mengenai Indeks Demokrasi Indonesia yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Sumsel di Palembang, Selasa.

Menurut dia, Sumsel akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada 2018 sehingga keamanan harus selalu tercipta.

Sumsel akan memilih gubernur dan wakil gubernur dan beberapa bupati serta wali kota sehingga semua masyarakat harus selalu menjaga ketertiban, ujar dia.

Bukan itu saja tetapi Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games. Hal itu berkat daerah ini selalu kondusif, kata dia.

Namun, lanjut dia, semua pihak tidak boleh lengah dan tetap bersatu untuk menyukseskan pembangunan di daerah ini.

Dia mengatakan, dukungan dari masyarakat dalam pembangunan itu salah satunya menjaga ketertiban di wilayahnya masing - masing.

Karena itu melalui pertemuan ini diharapkan menjadikan semua pihak berkomitmen untuk menjaga stabilitas keamanan, ujar dia.

Menurut dia, kegiatan tersebut memiliki arti yang strategis untuk menjadi tolak ukur dan sebagai salah satu metode mengetahui tingkat perkembangan demokrasi.

Kepala BPS Sumsel Yos Rusdiansyah mengatakan, pihaknya dipercaya pemerintah pusat untuk mengumpulkan data dalam rangka perhitungan indeks demokrasi.

Karena itu pihaknya melakukan pertemuan supaya dalam pengumpulan data nantinya tepat sasaran.