Pemkot Palembang undang investor garap Pariwisata

id Isnaini, Pariwisata palembang, pulau kemarau, jembatan ampera, sektor pariwisata

Pemkot Palembang undang investor garap Pariwisata

(Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang mengundang kalangan investor di dalam dan luar negeri untuk menggarap sektor pariwisata, karena berpotensi bakal berkembang mengingat kota ini akan menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, Selasa, mengatakan, kehadiran investor diharapkan dapat mempercepat terealisasinya dua konsep pariwisata yakni wisata sungai dan wisata olahraga.

"Sejauh ini sudah jalan, tapi seadanya karena sebatas menggunakan dana dari pemerintah. Jika ada investor yang berani masuk maka bisa cepat lagi," kata Isnaini.

Beberapa investor asal luar negeri sempat melakukan pembicaraan dengan pemerintah kota, akan tetapi hingga kini belum menemukan kata sepakat. Padahal, pemkot sudah menjamin kemudahan dalam perizinan dan skema pembiayaan.

"Misalkan akan dipakai sistem BOT (Build Operate Transfer) tidak masalah, begitu pula jika pakai penyertaan modal. Pemkot dapat menjadikan tempat yang diberikan sebagai penyertaan modal," kata dia.

Salah satu ditawarkan ke investor yakni pengembangan kawasan wisata di Pulau Kemaro, delta kecil di Sungai Musi yang berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Di lokasi ini sudah terdapat beberapa bungalow, dermaga, dan setiap tahun dipastikan bakal dipadati ribuan orang untuk perayaan imlex.

Atau, jika investor ingin yang rendah modalnya, Isnaini menawarkan kampung-kampung bersejarah.

"Setelah ada Kampung Al Munawar dan Kampung Kapiten, sebenarnya masih banyak lagi kampung yang bisa disulap jadi tempat wisata seperti Kampung Firma. Ini potensi karena saat ini sedang tren berwisata ala backpacker," kata dia.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.