Peserta JKN-KIS dilindungi saat mudik

id bpjs, bpjs kesehatan, kartu bpjs

Peserta JKN-KIS dilindungi saat mudik

Kartu JKN-KIS (ANTARA FOTO)

Palembang (Antarasumsel.com) - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS akan dilindungi selama mudik Lebaran dengan dijamin memperoleh pelayanan kesehatan melalui prosedur yang lebih sederhana.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Diah Sofiah di Palembang, Kamis, mengatakan, oleh karena itu peserta JKN-KIS diimbau untuk selalu membawa Kartu Indonesia Sehat, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat, dan Kartu Jamkesmas, atau mendownload aplikasi BPJS Kesehatan mobile yang dapat menampilkan kartu peserta.

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat," kata Diah.

Ia menjelaskan, untuk prosedurnya para peserta yang dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kebijakan penyederhaaan prosedur ini berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017 mengacu pada kebijakan portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Tentunya, kebijakan ini hanya berlaku untuk peserta aktif. Untuk itu, para pemudik diminta untuk memastikan telah membayar iuran yang dapat dicek melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile atau dapat didownload secara gratis di Google Play Store.

Sebagai catatan, Diah menegaskan bahwa layanan JKN-KIS ini tidak berlaku untuk peserta yang mengalami kecelakaan lalu lintas karena untuk kejadian luar biasa itu akan dicover PT Jasa Raharja.

"Sesuai dengan aturan dalam program bahwa untuk kejadian kecelakaan lalu lintas tidak dicover, namun jika terjadi kecelakaan semisalnya terjatuh di rumah dan menyebabkan sakit maka dapat dicover," kata Diah.

BPJS Kesehatan mengusung tema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" pada Idul Fitri tahun ini. Sebanyak delapan posko mudik dibuka di titik padat pemudik, yakni Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko yang dibuka sejak 21-24 Juni 2017 ini menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi.

Di samping itu, selama mudik Lebaran, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Call Center 1500400 7x24 jam untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta (mutasi/aktivasi), dan penghitungan denda pelayanan.