BMKG prakirakan Sumsel masih banyak hujan

Pewarta : id BMKG, hujan, prakiraan cuaca, intensitas ringan, Dara, memsuki musim kemarau

hujan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan wilayah Provinsi Sumatera Selatan dengan 17 kabupaten dan kota masih banyak hujan dengan intensitas ringan hingga sedang meskipun memasuki musim kemarau.

"Hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir diprakirakan masih akan terus terjadi. Hari ini Palemabng dan beberapa daerah lainnya diguyur hujan dengan intensitas curah hujan ringan hingga sedang," kata Staf Stasiun Klimatologi BMKG Kenten Dara di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, sejak Juni 2017 wilayah Sumsel mulai memsuki musim kemarau, namun hingga sekarang ini masih terdapat banyak hujan.

Turunnya hujan di provinsi ini dipengaruhi pusaran angin di wilayah Kalimantan yang menyebabkan terjadinya konvergensi yang cukup intensif di wilayah timur Sumatera Selatan.

Konvergensi merupakan pertemuan angin yang ada di wilayah Sumatera Selatan sehingga mengalami perlambatan dan menyebabkan penumpukan masa udara yang cukup untuk menghasilkan hujan.

Kondisi tersebut biasanya berlangsung dalam beberapa hari ke depan bahkan bisa lebih lama hingga beberapa pekan, katanya.

Melihat kondisi cuaca pada Juli 2017 ini masih terdapat banyak hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana itu.

Dalam kondisi tersebut, potensi banjir dapat terjadi di Kota Palembang, dan daerah lain di sekitar aliran sungai seperti Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas, Lahat, Musirawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Ogan Ilir.

Sedangkan bencana tanah longsor berpotensi terjadi di bagian barat Sumatera Selatan yakni Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Ogan Komering Ulu Selatan, serta sebagian Ogan Komering Ulu dan Muaraenim, kata Dara.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar