Pemprov Sumsel lanjutkan rehabilitasi lingkungan perairan umum

id gubernur, alex noerdin, rahabilitasi lingkungan, perairan umum, rahabilitasi lingkungan perairan umum

Pemprov Sumsel lanjutkan rehabilitasi lingkungan perairan umum

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

...Kegiatan rehabilitasi lingkungan perairan umum akan dilanjutkan, namun secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya melanjutkan rehabilitasi lingkungan perairan umum untuk menjaga tetap berfungsi dengan baik dan sebagai tempat hidup aneka jenis ikan, hewan dan tumbuhan air tawar lainnya.

Kegiatan rehabilitasi lingkungan perairan umum akan dilanjutkan, namun secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, di Palembang, Senin.

Menurut dia, perairan umum seperti danau, waduk, rawa, dan sungai yang ada di provinsi ini perlu dijaga kelestariannya sehingga dapat berfungsi dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat secara ekonomi.

Salah satu upaya untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum, pihaknya akan menggalakkan kegiatan penebaran benih ikan atau restocking yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir.

Kegiatan penebaran benih ikan di sejumlah tempat di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini, akan lebih digalakkan lagi dengan jenis ikan yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kondisi lingkungan masing-masing daerah, katanya.

Dia menjelaskan, Pemprov Sumsel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan terus berupaya melakukan penebaran benih ikan di sejumlah tempat dengan memilih jenis ikan yang tergolong langka seperti ikan jelawat dan grass carp.

Pemilihan benih ikan yang akan ditebar di perairan umum dengan jenis yang tergolong langka dilakukan untuk mencegah terjadinya kepunahan sehingga dapat terus dinikmati masyarakat sepanjang masa melalui proses alami, katanya.

Beberapoa waktu lalu kegiatan penebaran benih ikan dilakukan di sejumlah danau dan sungai di Palembang dan beberapa kabupaten/kota lainnya.

Untuk menggalakkan rehabilitasi lingkungan perairan umum itu, pihaknya menginstruksikan Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi setempat melakukan pendataan daerah mana saja yang perlu menjadi sasaran kegiatan tersebut, kata Alex.