Palembang tingkatkan pemanfaatan perairan umum

id Harobin Mustafa, produksi ikan, potensi perikanan, perairan umum, konsumsi ikan, pemasok ikan, SKPD

Palembang tingkatkan pemanfaatan perairan umum

Sekda Palembang Harobin Mustafa (Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pemanfaatan perairan umum terutama potensi perikanan yang hingga kini belum digarap secara maksimal.

Untuk meningkatkan pemanfaatan potensi perikanan perairan umum di kota yang dibelah Sungai Musi itu, warga kota setempat didorong memanfaatkan potensi tersebut, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pemanfaatan potensi perikanan perairan umum perlu ditingkatkan sehingga dapat mendongkrak produksi ikan dan mengurangi ketergantungan pasokan dari daerah lain

Kebutuhan ikan warga Kota Palembang hingga kini sebagian masih tergantung dari sejumlah daerah sekitar seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin.

Jika potensi perikanan perairan umum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga kota ini, ketergantungan pasokan ikan dari beberapa daerah tersebut bisa dikurangi, katanya.

Dia menjelaskan, Palembang berpotensi mengembangkan perikanan perairan umum karena memiliki Sungai Musi dan terdapat banyak lahan rawa.

Melihat potensi daerah yang sangat mendukung untuk mengembangkan perikanan perairan umum, seharusnya dapat memenuhi kebutuhan ikan masyarakat kota setempat tanpa tergantung dengan daerah lain.

Berdasarkan data pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang, setiap hari berkisar 12-15 ton ikan didatangkan dari sejumlah daerah sekitar.

Untuk mendorong pemanfaatan potensi perikanan yang ada di kota ini, pihaknya melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait berupaya memberikan pembinaan dan bantuan kepada masyarakat yang tertarik menekuni usaha perikanan.

Pembinaan dan bantuan yang diberikan seperti cara melakukan budidaya ikan di perairan umum, berupaya memberikan bantuan peralatan dan benih ikan, serta mengusahakan bantuan modal usaha, kata Harobin.