Legislator Sumsel berharap pembinaan UKM terus dilakukan

id ukm, umkm, Budiarto Marsul, penggerak ekonomi, modal usaha, kredit usaha rakyat

Legislator Sumsel berharap pembinaan UKM terus dilakukan

Dokumentasi- Pengunjung melihat berbagai barang produksi UMKM yang dipamerkan. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan Budiarto Marsul berharap pembinan untuk usaha kecil dan menengah di daerah itu terus dilakukan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Usaha kecil dan menengah (UKM) bagian dari masyarakat penggerak ekonomi yang jumlahnya cukup banyak, kata Budiarto Marsul saat ditanya mengenai pembinaan terhadap UKM di Palembang, Senin.

Menurut dia, pembinaan yang dilakukan itu dari sisi pengetahuan, cara berbisnis, produk yang dihasilkan dan termasuk modal usaha.

Untuk membangun usaha tentunya UKM membutuhkan modal, kata wakil rakyat yang berasal dari daerah pemilihan Kota Palembang tersebut.

Ia mengatakan, di Sumatera Selatan sendiri mulai tumbuh dan berkembang UKM tersebut. Banyak usaha kecil dan menengah itu seperti kerajinan-kerajinan, kemudian kuliner dan pedagang makanan juga mulai bermunculan.

Sementara dari sisi permodalan, ia menyatakan, pemerintah juga memberikan kemudahan-kemudahan bagi usaha kecil dan menengah seperti kredit usaha rakyat (KUR) tanpa agunan.

Jadi, tidak menggunakan agunan kalau untuk KUR dengan alokasi sebesar Rp25 juta, tuturnya.

Untuk di Sumatera Selatan sendiri juga sudah ada Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumsel.

Jumlah masyarakat yang memanfaatkan Jamkrida ini diharapkan dari tahun ke tahun terus meningkat, katanya.