Ribuan masyarakat Sumsel doa bersama untuk NKRI

id pangdam, am putranto

Ribuan masyarakat Sumsel doa bersama untuk NKRI

Mayor Jenderal TNI A.M. Putranto (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ribuan masyarakat Sumatera Selatan dari utusan antar umat beragama di daerah tersebut, Kamis melaksanakan doa bersama supaya negara kesatuan semakin kuat dan warga Indonesia bertambah kasih sayang.

Doa bersama yang dikoordinir Kodam II/Sriwijaya itu dilaksanakan serangkaian memperingati hari kemerdekaan ke-72 RI.

Dalam satu jam doa bersama itu KH Nawawi Dencik memimpin pembacaan Al Quran 30 juz.

Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto usai doa bersama di Palembang,s mengatakan, doa bersama itu diikuti ribuan masyarakat lintas agama.

Doa bersama yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut untuk mewujudkan warga semakin mencintai nilai kejuangan.

Memang, lanjut dia, doa bersama itu digagas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dia mengatakan, acara tersebut bertujuan agar sesama anak bangsa untuk lebih kasih sayang, rukun damai, tetap menjaga kebersamaan, persatuan dan keutuhan dalam bingkai NKRI.

Apalagi kemerdekaan Republik Indonesia itu berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga semua wajib bersyukur atas nikmat kemerdekaan selama 72 tahun, ujar dia.

Oleh karena itu doa bersama ini juga bukan saja untuk menciptakan warga semakin kasih sayang, tetapi juga bagi pejuang yang sudah mendahului.

Mudah mudahan Indonesia semakin kuat dan masyarakat bertambah kompak, kata Pangdam.

Doa bersama di Palembang dilaksanakan di beberapa tempat, yakni bagi beragama Islam digelar di Makodam II Sriwijaya sedangkan yang beragama Kristen dan Katholik dilaksanakan di Balai Prajurit Jalan Sekanak Palembang.

Sementara agama Hindu dilaksanakan di Pure Agung Sriwijaya Seduduk Putih dan agama Budha di Vihara Duta Palembang.