Festival geopark merangin akan dipenuhi nuansa tradisional

Pewarta : id Festival geopark, FPGNM, tarian tradisi, Merangin

Jambi (ANTARA Sumsel) - Bupati Merangin Provinsi Jambi Al Haris mengatakan Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) Jambi 2017, yang akan digelar 11-14 September bakal dipenuhi dengan berbagai kegiatan bernuansa tradisional.

"Dalam Festival Geopark Merangin kita akan tampilkan berbagai tradisi lokal Kabupaten Merangin," katanya usai memimpin jalannya rapat persiapan festival tersebut, Kamis.

Dikatakannya acara pembukaan yang akan berlangsung di Taman Batu Merangin itu, akan diisi dengan berbagai tarian tradisi Merangin yang telah diakui secara nasional. Seperti Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam dan Lukah Gilo.

Selain berbagai seni pertunjukan, FPGNM Jambi juga akan diwarnai dengan berbagai lomba. Mulai lomba arung jeram, perkemahan, sampai lomba fotograpi yang terbuka untuk para pelajar dan umum.

Selama pelaksanaan FPGNM Jambi kata Haris juga akan digelar pameran yang diikuti seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, serta bazar yang akan diikuti ratusan pedagang dari berbagai penjuru Tanah Air dan ada perkemahan di kebun durian milik Pemkab Merangin.

"Acara ini akan berlangsung spektakuler. Selain kepala daerah dari sejumlah provinsi di Indonesia, kita juga akan mengundang para Duta Besar (Dubes) Negara sahabat dan masyarakat Merangin yang ada di Jakarta," katanya menjelaskan.

Acara akbar yang rencananya ditutup 14 September itu, rencananya penutupan akan dipusatkan di Komplek Rumah Tuo Rantau Panjang Tabir. Pada acara penutupan tersebut juga akan ditampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional Merangin.

"FPGNM Jambi rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Jambi Zumi Zola dan dihadiri para pejabat di jajaran Pemprov Jambi. Pada kesempatan itu Gubernur Jambi diminta ikut lomba arung jeram menelusuri kawasan Geopark Merangin Jambi," kata Haris menambahkan.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar