Sean Gelael penasaran taklukkan sirkuit Monza Italia

id Sean Gelael, f1, balap mobil, indonesia, sirkuit monza, italia

Sean Gelael penasaran taklukkan sirkuit Monza Italia

Sean Gelael (ANTARA/Dhoni Setiawan)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pebalap Indonesia yang memperkuat tim Pertamina Arden, Sean Gelael penasaran untuk menaklukan Sirkuit Autodromo Nazionale Monza Italia karena selama turun di balapan Formula 2 belum mampu meraih hasil terbaik.

Berdasarkan data di laman www.fiaformula2.com yang dipantau dari Jakarta, Jumat, seri kesembilan balapan satu satu level dibawah Fomula 1 ini akan berlangsung di Italia, 15-17 September.

"Ini adalah tantangan yang sulit. Pekan lalu kami dihadapkan dengan setingan mobil. Setelah itu kami mendapatkan tantangan di Monza," kata anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael dalam keterangannya.

Pertamina Arden pada balapan di Monza ini tetap mengandalkan dua pebalap yaitu Sean Gelael dan Norman Nato. Jika pebalap 20 tahun kesulitan untuk meraih hasil terbaik, kondisi berbeda dicatatkan oleh rekan satu tim Sean asal Prancis itu.

Norman Nato yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia itu mempunyai memori yang baik saat berlaga di sirkuit sepanjang 5,793 km itu. Pebalap 25 tahun ini musim lalu mampu naik podium tertinggi pada balapan feature. Saat itu Nato masih memperkuat tim Racing Engineering.

Bagi banyak pebalap, Sirkuit Monza sudah pasti terasa istimewa, terutama bagi jagoan lokal. Penonton Italia yang selalu bersemangat dalam memberikan dukungan jadi nilai plus balapan ini. Afmosfir persaingan langsung terasa begitu suara deru mobil terdengar dari lintasan yang memiliki 11 tikungan tersebut.

Sirkuit ini memang tidak memiliki banyak tikungan. Namun, pebalap harus memiliki teknik bagus untuk melewatinya. Setiap pebalap harus melintasi sirkuit dengan tepat dan tanpa kesalahan jika tidak ingin tersingkir dari balapan. Para pebalap harus membalap dengan smooth demi mendapatkan hasil maksimal.

Balapan akhir pekan ini juga digelar berbarengan dengan persaingan Formula 1, GP Italia. Sebelum persaingan dimulai, mobil balap Formula 2 yang akan dipakai pada musim 2018, 2019, dan 2020 akan diperkenalkan di depan paddock sirkuit.

Mobil-mobil ini sudah dilengkapi dengan standar keamanan F1 terbaru, termasuk pemakaian halo atau pelindung kokpit yang saat ini standarnya terus disempurnakan oleh FIA. Selain itu mobil juga akan dilengkapi dengan perubahan terkait Virtual Safety Car (VSC) dan Drag Reduction System (DRS).

Sementara itu, pada klasemen sementara balapan Formula 2 musim ini, Norman Nato masih bertengger diposisi tujuh dengan raihan 83, sedangkan Sean Gelael berada diposisi 20 dengan tiga poin. Pemuncak klasemen hingga saat ini pegang Charles Leclerc dari tim Prema Racing dengan 212 poin.