Mendagri: Tindak tegas setiap pelanggaran kampanye

id Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, pemilu, pilkada, pelanggaran, kampanye

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan setiap pelanggaran kampanye harus ditindak tegas, guna memastikan keberhasilan pilkada dan pemilu serentak.

"Pemilu serentak dan pilkada yang berhasil bisa terwujud salah satunya dengan tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran kampanye," ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa.

Tjahjo mengatakan keberhasilan pemilu dan pilkada ditandai dengan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan secara demokratis sesuai undang-undang dan Peraturan KPU.

Selain itu juga melihat tingginya tingkat partisipasi pemilih, tidak adanya politik uang, serta yang cukup penting yakni tidak adanya kampanye berbentuk ujaran kebencian atau SARA.

Menurut dia, kampanye harus berbentuk beradu program dan konsep untuk menentukan pemimpin yang amanah, yang membangun demi kemaslahatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dengan disahkannya RUU Penyelenggaraan Pemilu menjadi UU Pemilu, maka ada sebuah regulasi yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan pemilu lima tahunan yang demokratis," ujar dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar