Harga daging sapi bergerak turun

id Daging, sapi, pedagang, ayam, pasaran

Pedagang daging di pasar tradisional palembang. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging sapi segar di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Sumatera Selatan, sepekan terakhir setelah Hari Raya Idul Adhai 1438 Hijriah/2017 bergerak turun.

Pantauan di pasar tradisional Sekip Ujung dan Lemabang, Jumat, harga daging sapi yang sejak Agustus 2017 masih berada pada posisi harga Rp140.000/kg kini turun menjadi Rp130.000/kg.

Menurut Yusuf, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Kuto Palembang, harga daging sapi sekarang ini sedikit mengalami penurunan karena permintaan masyarakat mulai berkurang, sementara pasokan dari agen tetap.

"Permintaan masyarakat setelah Hari Raya Idul Adha sedikit berkurang karena banyak menerima pembagian daging kurban. Jika permintaan terus berkurang diperkirakan harga daging akan lebih rendah lagi," ujarnya.

Ia mengaku sekarang ini hanya bisa menjual daging sapi sekitar 150 kg-200 kg atau maksimal dua ekor sapi per hari, sedangkan pada saat kondisi normal penjualan daging sapi bisa mencapai 300 kg lebih per hari.

Tersedianya pasokan daging dalam jumlah yang cukup banyak dan terjadinya penurunan permintaan daging sapi sekarang ini mendorong harga jual bergerak turun, kata Yusuf.

Sementara salah seorang ibu rumah tangga Lidya mengatakan harga daging sapi sekarang ini dirasakan masih cukup tinggi meskipun terjadi penurunan jika dibandingkan pada bulan sebelumnya.

Ia berharap pemerintah daerah setempat bertindak untuk terus menekan harga daging sapi hingga ke posisi harga di bawah Rp100.000 per kilogram.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Agus Yudiantoro mengatakan pihaknya berupaya melakukan berbagai cara untuk terus menurunkan harga daging sapi hingga berada pada posisi harga yang terjangkau masyarakat.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar