Kadiknas: Guru jangan gagap teknologi

Pewarta : id Dinas Pendidikan, Achmad Tarmizi, guru, teknologi, komputer, perkembangan zaman

Dokumentasi- Pelajar mengikuti Kelas Komputer. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17) ()

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Achmad Tarmizi mengingatkan kepada seluruh guru tenaga pengajar di wilayah itu agar jangan gagap teknologi.

"Di zaman yang serba canggih saat ini, para guru harus `melek` teknologi," kata Tarmizi di Baturaja, Senin.

Dikatakan Tarmizi, para guru harus mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih seperti sekarang ini agar tidak gagap teknologi (gaptek) dan ketinggalan pengetahuan dengan peserta didiknya.

Sebab, kata dia, perkembangan teknologi membuat sebagian besar anak-anak sudah dapat mengakses apa saja dan kapanpun melalui perangkat internet dari telpon genggam.

"Terkadang gurunya belum mengetahui teknologi terbaru, muridnya sudah menggunakan aplikasi yang baru tersebut," katanya.

Ia berharap, para tenaga pengajar di wilayah itu tidak malu untuk belajar menggunakan aplikasi melalui telpon genggam dan memanfaatkannya untuk proses belajar-mengajar.

"Guru bisa mencari bahan untuk pelajaran diinternet dan memanfaatkan media sosial serta masih banyak lagi hal positif yang bermanfaat untuk dijadikan bahan pendidikan," jelasnya.

Ia mengemukakan, di Kabupaten OKU saat ini masih terdapat guru yang gaptek karena keterbatasan sarana dan prasarana seperti minimnya komputer di sejumlah sekolah di wilayah itu.

"Biasanya guru senior dan sudah masuk masa pensiun yang masih gaptek," ujarnya.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar