Aset wisata Sumsel harus dikelola dengan baik

id obyek wisata, alam, Herman Deru, calon Gubernur, wisatawan lokal, turis

Aset wisata Sumsel harus dikelola dengan baik

Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan. (Antarasumsel.com/)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Aset-aset obyek wisata alam dan buatan di Sumatera Selatan harus dikelola dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat.

"Paling tidak setiap kita membangun aset-aset obyek wisata alam dan buatan harus bisa dimanfaatkan dapat menguntungkan warga," kata Herman Deru, salah satu calon Gubernur Sumatera Selatan, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, jangan dulu berpikir soal kunjungan wisatawan atau turis, tapi bagaimana warga Sumatera Selatan itu sendiri bisa memanfaatkan dan menikmatinya baik di tingkat lokal maupun regional.

"Syukur-syukur tingkat nasional dan internasional. Kita harus mengelola ini dengan tidak semata-mata mengukur untung rugi dari retribusi karcis," katanya.

Selama ini aset wisata tidak terbangun karena karcisnya sedikit. Sebenarnya ini harus bicara tentang aset wisata, jangan orentasinya untung rugi.

Kalau orentasinya bukan untung dan rugi seperti membuat taman di rumah sudah pasti mengeluarkan biaya, karena butuh pemandangan yang elok, indah dan enak untuk dinikmati.

Oleh karena itu pembangunan ekonomi harus disinergikan dalam pengembangan sektor kepariwisataan, tuturnya.

Sejumlah objek wisata alam dan religi yang memiliki panorama yang cukup indah di Sumatera Selatan antara lain Danau Ranau, Pulau Kemaro, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak dan Kawah Tengkurap.