Tol impian rakyat Sumsel terwujud

id tol terwujud, tol jalan tol, tol palindra

Tol impian rakyat Sumsel terwujud

Tol Palindra. (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

...Sudah lama rakyat Sumsel memimpikan hadirnya jalan tol seperti di Jawa. Kini impian tersebut sudah terwujud...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Infrastruktur jalan tol yang selama ini diimpikan rakyat Sumatera Selatan akhirnya terwujud di era pemerintahan Jokowi-JK setelah dirampungkannya seksi 1 (Palembang-Pemulutan) sejauh 7,75 km dari Tol Palindra, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Sudah lama rakyat Sumsel memimpikan hadirnya jalan tol seperti di Jawa. Kini impian tersebut sudah terwujud," kata Alex dalam sambutannya sebelum peresmian tol oleh Presiden Jokowi.

Pengerjaan seksi 1 (Palembang-Pemulutan) dari total 21,9 km ini tidak mudah karena lokasi pembangunannya di atas kawasan rawa.

PT Hutama Karya selaku BUMN yang ditunjuk pemerintah menggunakan teknologi vakum yang sudah familiar di Tiongkok, namun untuk kali pertama dalam pembangunan jalan tol di luar Jawa.

Penggunaan teknologi ini bukan tanpa risiko mengingat terdapat sejumlah kabel SUTET di kawasan tersebut.

Saat seksi 1 akan diujicobakan tepatnya enam hari menjelang Lebaran, diketahui ruas jalan dekat pintu keluar tol, ambles.

Tak heran jika Presiden Jokowi mengapresiasi rampungnya seksi 1 ini karena tingginya tingkat kesulitan dalam upaya mengeringkan (memvakum) rawa.

Bukan hanya dari teknologi, pembiayaan juga jauh lebih mahal dibandingkan jalan tol lain yakni lebih 1,5 kali lipat karena ada pengurukan tanah sedalam 7 km.

Manajer Proyek Tol Palindra Hasan Turcahyo mengatakan setelah penyelesaian seksi 1 ini akan dilanjutkan ke seksi 2 (Pemulutan-KTM Rambutan) dan seksi 3 (KTM Rambutan-Inderalaya) sehingga target pada akhir Jauhari 2018 akan tercapai.

Saat ini progres seksi 2 sebanyak 30 persen sedangkan seksi 3 sebanyak 80 persen.

"Seksi 2 terkendala pembebasan lahan, tapi saat ini sudah selesai dan mulai dikerjakan lagi," kata dia.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan PT Hutama Karya mempercepat pekerjaan tol Palindra 21,9 kilometer untuk membantu peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII 2018.

Jokowi juga meminta HK menggratiskan biaya tol untuk seksi 1 ini hingga dua bulan ke depan sampai pembangunan seksi 2 dan seksi 3 rampung.