Gubernur Sumsel promo daerah di "Trade Expo" Tangerang

id gubernur, alex noerdin, promosi, potensi daerah, trade expo

Gubernur Sumsel promo daerah di "Trade Expo" Tangerang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (FOTO ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mempromosikan potensi daerah kepada pengusaha nasional pada acara "Trade Expo Indonesia" di Tangerang, Banten, Sabtu (14/10).

"Saya ketika diundang untuk pemaparan di acara tersebut mempromosikan potensi kekayaan alam Sumsel dan menjelaskan soal pembangunan berbagai infrastruktur termasuk kawasan ekonomi khusus yang sedang dilaksanakan sekarang ini," kata gubernur di Palembang, Minggu.

Menurut dia, Sumsel banyak memiliki potensi, namun  belum digali secara maksimal, seperti sumber daya alam batu bara memiliki cadangan 43,35 persen.

Begitu juga potensi minyak bumi dan gas cukup banyak sehingga itu perlu terus digali dan dikembangkan pengelolaannya.

Lalu potensi pertanian dimana daerah ini suplus tiap tahun 2,5 juta ton beras, ujar dia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Sumsel dimana akan  dikembangkan lahan lebak yang potensinya cukup luas.

Dia mengatakan, ke depan Indonesia tidak perlu lagi impor beras, tapi cukup dari Sumsel.

Meskipun Sumsel kaya sumber daya alam,  tetapi daerahnya masih memiliki beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi sehingga masih membutuhkan investor.

Sementara  untuk membangun infrastruktur di daerah tidak mungkin menggunakan dana APBD sendiri, melainkan harus ada investasi masuk ke Sumsel.

Gubernur mengatakan, memang dalam promosi daerah ini rutin menjadi tuan rumah pertandingan olahraga internasional, karena Sumsel cukup kondusif.

Gubernur Sumsel menjadi pembicara pada acara tersebut diundang khusus Kementerian Perdagangan untuk memperkenalkan potensi yang ada di daerah ini.