Cara Kabupaten Mukomuko kembangkan wisata pantai

id wisata, bengkulu, mukomuko, wisata pantai, pantai, pariwisata, jalan lintas timur

Cara Kabupaten Mukomuko kembangkan wisata pantai

Ilustrasi---Wisatawan mancanegara berenang di Pantai Watukarung, Pacitan, Jawa Timur (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Mukomuko (ANTARA Sumsel) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memprogramkan pengembangan dua objek wisata Pantai Batu Badoro dan Air Punggur di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah ini.

"Kami akan mengembangkan objek wisata Pantai Batu Badoro sampai Pantai Air Punggur. Kami berharap ada pelepasan lahan hak guna usaha milik perusahaan perkebunan untuk lokasi pengembangannya," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Yulia Reni, di Mukomuko, Minggu.

Dua objek wisata Pantai Batu Badoro dan Pantai Air Punggur berbatasan dengan lahan hak guna usaha (HGU) milik perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu.

Selama ini, dua objek wisata pantai yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu tersebut, selalu ramai dikunjungi oleh warga dari dan luar daerah terutama saat libur akhir pekan.

Namun, dua objek wisata pantai di daerahnya itu sulit untuk berkembang karena keterbatasan lahan.

Ia berharap, adanya pelepasan sebagian lahan HGU milik PT Agromuko untuk lokasi pengembangan dua objek wisata pantai di daerah tersebut.

"Kami berharap adanya pelepasan sebagian lahan HGU perusahaan yang akan berakhir masa perizinannya beberapa tahun ke depan," ujarnya lagi.

Instansinya berencana ada "rest area" pada objek wisata Pantai Air Punggur di daerah itu, termasuk menyediakan berbagai fasilitas penunjang objek wisata pantai tersebut.