Jembatan Musi VI urai kemacetan Palembang

id jembatan baru, jembatan alternatif, urai kemacetan, arus lalu lintas, jembatan musi

Jembatan Musi VI urai kemacetan Palembang

Pembangunan Jembatan Musi VI Palembang. (FOTO ANTARA Sumsel/17/Nova Wahyudi)

...Jembatan Musi IV dan Musi VI itu diharapkan sebagai akses alternatif untuk mengurai kemacetan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan jembatan Musi VI dan Musi IV diharapkan sebagai akses alternatif untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Kota Palembang.

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, RA Anita Noeringhati di Palembang, Selasa mengatakan, jembatan Musi IV dan Musi VI itu memang diinginkan dan diharapkan sebagai akses alternatif untuk mengurai kemacetan di Kota Palembang.

Ia berharap, kemacetan di jembatan Ampera bisa terurai dengan adanya pembangunan dua jembatan tersebut.

Ia menuturkan, seperti halnya dulu jembatan Musi II merupakan jembatan alternatif, tetapi sekarang ini sudah menjadi jalan utama.

"Saya di Polygon sekarang ini sering kena macet, padahal dulu nyaman-nyaman saja dan satu-satunya jalan hanya itu, tidak ada jalan alternatif," ujarnya.


DPRD Sumsel juga sudah menyetujui raperda tentang pengikatan dana anggaran pelaksanaan pekerjaan tahun jamak pembangunan jembatan Musi VI Kota Palembang tahap II.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan, pembangunan jembatan Musi VI sangat penting dalam rangka menyambut Asian Games sehingga lalu lintas dapat berjalan dengan lancar.

Infrastruktur menjadi prioritas utama bagi Pemprov Sumsel untuk menyambut Asian Games yang akan berlangsung tahun depan, karena Palembang bersama dengan Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah.

Pembangunan jembatan Musi VI tahap II ditargetkan selesai pada Agustus 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII.

Pekerjaan tahap II itu berupa pembangunan jembatan pendekat, jalan pendekat, dan ornamen jembatan.

Pekerjaan tahap I itu meliputi pembangunan jembatan utama yang menghubungkan kawasan Seberang Ilir dan kawasan Seberang Ulu yang kontraknya akan selesai pada akhir tahun anggaran 2017, katanya.