Pekerjaan jalan pesisir timur OKI dikebut

id Bupati Ogan Komering Ilir, bupati oki, bupati, Iskandar, jalan, pantai timur

Pekerjaan jalan pesisir timur OKI dikebut

Iskandar (FOTO ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/15)

....Jika jalan ini selesai maka warga di empat kecamatan yakni Sungai Menang, Pedamaran Timur, Cengal, Mesuji Raya dapat dengan mudah ke ibu kota kabupaten Kayuagung....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pekerjaan pembangunan jalan di kawasan pesisir timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan dikebut pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Palembang, Selasa, mengatakan, ruas Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur yang menjadi salah satu proritas karena menjadi akses utama bagi warga empat kecamatan.

"Jika jalan ini selesai  maka warga di empat kecamatan yakni Sungai Menang, Pedamaran Timur, Cengal, Mesuji Raya dapat dengan mudah ke ibu kota kabupaten Kayuagung," kata Iskandar.

Ia tidak membantah bahwa sejak bertahun-tahun lalu jalan ini menjadi momok bagi warga yang melintas karena selalu berlumpur di saat musi hujan dan berdebu di musim kemarau.

Ruas jalan yang membentang sepanjang 38 Km ini mulanya hanya jalan rintisan tanah timbun di hamparan hutan gambut.

"Oleh karena itu saya percaya bahwa jalan Kayuagung-Sepucuk dipercaya menjadi infrastruktur konektivitas yang akan memberikan mutiplier effect bagi lingkungan di sekitarnya," ujar dia.



Adanya jalan penghubung di kawasan pantai timur OKI ini dinilai akan menumbuhkan sumber-sumber perekonomian baru bagi masyarakat di sekitarnya.

"Kami ingin mengembangkan semua potensi demi kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI H M Hafidz mengatakan pembukaan akses jalan Sepucuk sudah dimulai sejak tiga bupati terdahulu. Namun tak kunjung maksimal karena keterbatasan anggaran dan kontur tanah gambut yang labil.

"Membangun jalan di tengah rawa biayanya tentu lebih tinggi dari pada jalan biasa," kata dia.

Berdasarkan data Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI, jalan Kayuagung-Sepucuk telah tersambung dengan kontruksi cor beton sepanjang 36,178 km atau mencapai 93 persen dari total panjang ruas jalan 38,7 km. Tahun 2014 dibangun sepanjang 1,56 km, tahun 2015 sepanjang 5,687 km, 2016 sepanjang 12,265 km.

"Untuk tahun ini, ditargetkan 11 km sedang dibangun, sehingga total yang akan tembus menjadi 36,1 km. Ini berarti sisa jalan yang belum tembus sepanjang 2,5 km," kata Hafidz.

Selain jalur Sepucuk perbaikan yang sedang dilakukan antara lain ruas jalan Lebung Batang-Pangkalanlampam sepanjang tujuh km.

"Dari 9,5 km kita perbaiki tujuh km. Di beberapa titik yang kami lakukan cor beton untuk lebih memperkuat kontruksi jalan. Cor beton dimulai dari Simpang Lebung Batang hingga Desa  Jerambah Rengas yang merupakan bantuan dana Provinsi. Lanjutannya dengan agreagat sepanjang kurang lebih 3,6 Km dari Jerambah Rengas ke Tulung Selapan," kata dia.

Selain itu perbaikan jalan juga sedang dilakukan di Jalan Simpang Palembang-Cengal  termasuk beberapa ruas yang terputus pada musim penghujan lalu.