Antisipasi kebakaran lahan gambut dijadikan kebun nanas

id Danrem 044 Garuda Dempo, Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, gambut, lahan gambut, kebakaran, kebun nanas, nanas

Antisipasi kebakaran lahan gambut dijadikan kebun nanas

Dokumentasi - Kebakaran lahan di Desa Pulo Geronggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel pada 2015 (FOTO ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/15)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Lahan gambut di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan akan dijadikan perkebunan nanas supaya semakin produktif sekaligus mengantisipasi tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan.

Areal gambut di Sumsel termasuk di Kabupaten Ogan Ilir cukup luas sehingga harus dimanfaatkan supaya semakin produktif, kata Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo usai serah terima jabatan Kepala Staf  Korem dari pejabat lama Lektol Inf Imanulhak kepada penggantinya Letkol Inf M Sjahroni di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, selama ini lahan gambut rawan terbakar sehingga areal itu perlu dikelola secara baik.

Selain itu lahan gambut bila terbakar sulit untuk dipadamkan sehingga itu menjadi perhatian serius bagi pihaknya, kata Danrem yang juga Komandan Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan itu.

Sehubungan itu pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait lainnya supaya lahan gambut semakin bermanfaat.

Dia mengatakan, akan melaksanakan pelatihan agar kawasan restorasi gambut tersebut semakin efektif.

Selain itu dalam memaksimalkan lahan gambut itu pihaknya akan menaburkan cairan berupa bios 44. Cairan ini cukup produktif untuk menyuburkan lahan termasuk di lahan gambut, kata dia.

Dalam pemanfaatan lahan rawan terbakar itu juga telah dilaksanakan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel terutama lahan kritis.

Dalam kesempatan itu pihaknya minta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung progran tersebut agar berjalan sukses. -