Berantas korupsi lingkungan Pemprov Sumsel

id korupsi, berantas, berantas korupsi, pemprov

Berantas korupsi lingkungan Pemprov Sumsel

Ilustrasi- Korupsi (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Nasrun Umar mengatakan, pihaknya terus berupaya memberantas korupsi supaya tidak merugikan keuangan negara dan pemerintah semakin bersih.

Banyak upaya yang dilakukan dalam memberantas korupsi seperti pengawasan, kata Sekda pada seminar pemberantasan korupsi di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu juga melaporkan pelaksanaan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Apalagi itu sesuai dengan amanat undang-undang 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi nepotisme, ujar dia.

Menurut dia, pelaksanaan itu sudah sejak lama dilakukan di Sumsel dimana rutin melaksanakan sosialisasi baik terhadap pejabat maupun pimpinan BUMN dan BUMD.

Bukan itu saja tetapi melakukan penandatanganan pakta integritas seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi dan kabupaten serta kota se-Sumsel.

Dia mengatakan, selain itu dalam mengurangi potensi adanya tindakan korupsi dalam pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menerapkan pelelangan sistim berjaringan atau online.

Dengan adanya sistem online itu diharapkan proses pengadaan barang dan jasa lebih transparan dan akuntabel, ujar Sekda.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga sudah menggunakan program aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah untuk penatausahaan pengelolaan keuangan daerah.

Hal ini dimaksud agar pengelolaan APBD lebih akuntabel dan transparan, kata dia.

Sementara Direktur Sistem Perbendaharaan Dirjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI Regina Maria Wiwieng Handayaningsih mengatakan, melalui kegiatan seminar tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bersama dalam mengawal pelaksanaan anggaran 2017.

Selain itu melalui seminar ini akan menjadi motivasi dan dorongan bagi masyarakat Indonesia mewujudkan masyarakat yang anti korupsi dan bersama mengawal pelaksanaan anggaran, tambah dia.