Pelaksanaan program TNI membangun desa capai 74,98 persen

id tmmd, program tmmd

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan pembangunan yang dilakukan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa ke-93 tahun 2014 terutama fisik, hingga Kamis sudah mencapai 74,98 persen.

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Afianto dalam keterangannya di Palembang, Kamis mengatakan, hingga sekarang dari enam kabupaten yang menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pekerjaan fisik sudah hampir rampung.

Berbagai program kegiatan baik fisik maupun non fisik sudah dilakukan pada masing-masing wilayah yang menjadi lokasi TMMD berjalan lancar.

Memang, lanjut dia, ada enam kabupaten di wilayah Kodam II/Sriwijaya menjadi sasaran program TMMD yang tersebar di empat Korem yakni Korem Garuda Emas (Bengkulu), meliputi kabupaten Rejang Lebong dan Bengkulu Utara.

Korem Garuda Putih (Jambi) terdiri atas Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Korem Garuda Hitam (Lampung) di Kabupaten Pesawaran dan Tanggamus serta Garuda Jaya (Bangka Belitung) yakni Kabupaten Bangka Barat.

Lebih lanjut Kapendam mengatakan, untuk di wilayah Kodim

0409/Rejang Lebong kegiatan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 4,7 kilometer, gorong-gorong tiga unit pengerjaannya telah mencapai rata-rata 80 persen.

Sementara di wilayah Kodim 0423/Bengkulu Utara dengan kegiatan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 5 Km dan plat duiker sebanyak 3 unit telah rampung 75 persen.

Dijelaskannya, di wilayah Kodim 0419/Tanjung Jabung Timur kegiatan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 6,5 Km dan gorong-gorong 5 unit telah rampung 87,5 persen.

Sementara di wilayah Kodim 0421/Lampung Selatan Kabupaten Pesawaran dengan kegiatan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 3 km, pelebaran dan pengerasan jalan 1,5 Km, pembuatan Masjid satu unit selesai rata-rata 72,4 persen.

Yang jelas, semua pengerjaan terutama pembangunan fisik TMMD hampir rampung dan itu berkat dukungan dari seluruh peserta serta masyarakat setempat.

Selain kegiatan fisik juga dilaksanakan penyuluhan bela negara, pertanian, perkebunan, kesehatan, kehutanan, Narkoba bekerja sama dengan instansi terkait, kata dia.

Kapendam berharap, dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat khususnya warga sekitar sangat diutamakan, sehingga dalam waktu yang tersisa ini seluruh sasaran program TMMD tahun 2014 dapat selesai.