PDIP sempurnakan data saksi Pilkada

id pdip, yuda rinaldi

PDIP sempurnakan data saksi Pilkada

PDIP sempurnakan data para saksi Pilkada 2015 (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan terus menyempurnakan data para saksi untuk menghadapi pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten di provinsi tersebut pada 9 Desember 2015.

"Pendataan para saksi untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) terus kita lakukan," kata Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan Yudha Rinaldi di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya menyiapkan para saksi pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel itu sejak jauh hari.

"Nama-nama para saksi itu akan kita cek dan pada saat pemilihan nanti akan ditempatkan sesuai dengan tempat mereka memilih atau nyoblos," katanya.

Ia mengatakan, jangan sampai saksi itu nyoblos di tempat pemungutan suara (TPS) satu, tetapi bertugas di tiga TPS.

Hal itu dilakukan supaya para saksi itu bisa mengetahui mereka yang memberikan hak suaranya di TPS bersangkutan, ujarnya.

Ia menuturkan, sebelum bertugas pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada para saksi sehingga mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Nanti, para saksi ini akan dipermanenkan, karena PDI Perjuangan sudah mempunyai badan saksi permanen, ujarnya.

Ia menyatakan, para saksi itu nantinya akan bertugas terus pada saat pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015 yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.